Kamis, 27 September 2007

iPhone Turun Harga, Motorola Turun Pamor?


iphone2 Images

Pemotongan harga ponsel sentuh milik Apple Inc., iPhone menjadi US$ 399 dari US$ 599 ternyata bisa berimbas juga ke produsen lain, khususnya Palm dan Motorola.

Awalnya, iPhone dianggap bukan kompetitor mereka dilihat dari segi harganya. Namun, harga iPhone yang sudah turun membuat ponsel sentuh tersebut menjadi kompetitor langsung Palm Inc. dan Motorola.

Kisaran harga produk unggulan Palm yaitu Treo dan ponsel terbaru Motorola, Razr2 tidak jauh dari US$ 399. Dengan demikian, menurut prediksi analis, Apple dapat merusak pasar potensial kedua produsen tersebut.

"Hal ini (penurunan harga iPhone-red.) berpotensi besar untuk mengambil pasar dan penjualan Treo," tukas analis dari Oppenheimer, Lawrance Harris.

Palm dengan ponsel pintarnya Treo, terjual 2,7 unit di tahun fiskal yang berakhir Juni lalu. Treo yang banyak digunakan para pebisnis untuk e-mail dan berinternet juga dijual seharga US$ 399 di Verizon Wireless.

Sementara, untuk Motorola yang baru saja meluncurkan andalannya, Razr2 juga bisa terkena imbas. Razr2 dijual dengan kisaran US$ 299 hingga US$ 349. "iPhone masih ada di kelas premium dari Razr2, namun perbedaannya kini tidak terlalu mencolok," tutur Harris.

Penurunan harga iPhone ini juga memaksa pihak Motorola untuk memamerkan lini produk barunya atau paling tidak mendiskusikan strategi produk terbarunya di dalam minggu ini. Hari tersebut dijadwalkan sebagai hari inspeksi analis untuk Motorola, dimana para investor akan melihat rencana-rencana dalam model handset barunya.

http://www.detikinet.com/index.php/detik.read/tahun/2007/
bulan/09/tgl/08/time/134059/idnews/827299/idkanal/319

Label: ,

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda